Jumat, 01 April 2016

Resensi buku Media,kematian, dan identitas budaya minoritas (Representasi Etnik Tionghoa dalam Iklan Dukacita)

Nama: Lukman Adhi K
NIM: 14321051

Identitas buku:
Judul: Media,kematian, dan identitas budaya minoritas (Representasi Etnik Tionghoa dalam Iklan Dukacita)
Pengarang: Iwan Awaludin Yusuf
Penerbit: UII Press Yogyakarta
Tahun terbit: 2005
Tebal buku: 250 halaman
Dalam buku ini penulis mengambil tema unik yaitu berkaitan tentang kematian yang sampai saat ini menjadi topik perbincangan yang sentimental, terkadang ide muncul dari hal-hal yang cenderung “sepele” seperti iklan berita duka yang ada dimedia cetak. Berangkat dari rasa ingin tahu tentang mengapa iklan tersebut ada? Ada kepentingan apakah? Yang sebenarnya berkaitan dengan budaya Tionghoa yang menjadi aspek menarik oleh penulis.
Fenomena Necrocultura atau menggilai kematian dengan berlebihan yang melanda masyarakat dunia walaupun bukan hal yang baru tetapi referensi tertulisnya sangat sedikit, bahkan menurut penulis di Internet masih jarang dan susah menemukannya. Selain itu buku ini mengkaji iklan dukacita yang merupakan salah satu komodifikasi kematian di media massa. Kehadiran iklan ini telah dialihfungsikan menjadi sarana peneguhan posisi masyarakat tertentu yang terdiskriminasi, dapat kita simpulkan bahwa iklan dukacita ini bukan hanya sekedar iklan dimedia massa yang berisi informasi meninggalnya seseorang tetapi sebagai wujud eksistensi budaya etnik Tionghoa di Indonesia.
Melalui metode semiotik buku ini menjelaskan  bagaimana etnik Tionghoa ditampilkan lewat media iklan dukacita yang direpresentasi bidang ekonomi,sosial,budaya, dan agama yang dikaji dalam aspek komunikasi dan budaya.

Dalam iklan dukacita yang dikaji dalam bidang ekonomi memiliki konten branding produk, nama toko, dan lokasi toko yang tidak langsung sebagai sarana promosi dan representasi ekonomi pengiklan terhadap status ekonomi pengiklan.   

1 komentar:

  1. Saya ingin tanya dimana bisa mendapatkan buku ini? Terima kasih :)

    BalasHapus