Nama: Lukman Adhi K
NIM: 14321051
Identitas buku:
Judul: Media,kematian, dan
identitas budaya minoritas (Representasi Etnik Tionghoa dalam Iklan Dukacita)
Pengarang: Iwan Awaludin Yusuf
Penerbit: UII Press Yogyakarta
Tahun terbit: 2005
Tebal buku: 250 halaman
Dalam buku ini
penulis mengambil tema unik yaitu berkaitan tentang kematian yang sampai saat
ini menjadi topik perbincangan yang sentimental, terkadang ide muncul dari
hal-hal yang cenderung “sepele” seperti iklan berita duka yang ada dimedia
cetak. Berangkat dari rasa ingin tahu tentang mengapa iklan tersebut ada? Ada
kepentingan apakah? Yang sebenarnya berkaitan dengan budaya Tionghoa yang
menjadi aspek menarik oleh penulis.
Fenomena
Necrocultura atau menggilai kematian dengan berlebihan yang melanda masyarakat
dunia walaupun bukan hal yang baru tetapi referensi tertulisnya sangat sedikit,
bahkan menurut penulis di Internet masih jarang dan susah menemukannya. Selain
itu buku ini mengkaji iklan dukacita yang merupakan salah satu komodifikasi
kematian di media massa. Kehadiran iklan ini telah dialihfungsikan menjadi
sarana peneguhan posisi masyarakat tertentu yang terdiskriminasi, dapat kita
simpulkan bahwa iklan dukacita ini bukan hanya sekedar iklan dimedia massa yang
berisi informasi meninggalnya seseorang tetapi sebagai wujud eksistensi budaya
etnik Tionghoa di Indonesia.
Melalui metode
semiotik buku ini menjelaskan bagaimana
etnik Tionghoa ditampilkan lewat media iklan dukacita yang direpresentasi
bidang ekonomi,sosial,budaya, dan agama yang dikaji dalam aspek komunikasi dan budaya.
Dalam iklan
dukacita yang dikaji dalam bidang ekonomi memiliki konten branding produk, nama
toko, dan lokasi toko yang tidak langsung sebagai sarana promosi dan
representasi ekonomi pengiklan terhadap status ekonomi pengiklan.
Saya ingin tanya dimana bisa mendapatkan buku ini? Terima kasih :)
BalasHapus