Nama : Antonio
Muhamad Ari
NIM : 13321156
TUGAS PENULISAN
KREATIF “RESENSI BUKU”
Resensi Buku
“Media & Komunikasi Politik di Indonesia”
Identitas Buku :
Judul :
Media & Komunikasi Politik di Indonesia
Penulis :
Playgoup.com
Penerbit :
Lingkar Media
Kota Terbit :
Yogyakarta
Tahun Terbit :
2010
Cetakan :
Ke-1
Deskripsi Fisik : 248 hal; 14 x 20,5 cm
ISBN : 979-98426-13-9
Resensi
adala suatu ulasan atau tulisan mengenai nilai sebuah hasil karya, dengan
tujuan menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu
patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. Tindakan meresensi dapat
berarti memberikan penilaian, mengungkap kembali isi buku, membahas atau
mengkritik buku.
·
Judul Resensi
Relasi Media dan Komunikasi Politik
Buku yang ditulis oleh beberapa orang
yang disebut sebagai Playgroup.com tersebut
berisi tentang bagaimana relasi media dan komunikasi politik di Indonesia. Sesuai
dengan apa yang terjadi di Indonesia pada tahun 2000an, memang sangat menarik
apabila buku ini di terbitkan karena sesuai dengan apa yang sedang marak
terjadi pada kala itu, yaitu banyaknya peran media dalam bidang politik yang
kemudian menimbulkan aspek-aspek komunikasi politik oleh suatu media.
·
Data
Buku
Buku yang diterbitkan dengan judul “Media
dan Komunikasi Politik di Indonesia” merupakan buku hasil langsung dari para
penulis sendiri, atau dengan kata lain buku tersebut merupakan bukan buku hasil
terjemahan seseorang. Buku tersebut terbentuk oleh beberapa penulis, yaitu
didalamnya ada sebanyak 48 penulis yang mengisi bagian dalam buku. Penulis atau
pengarang yang menulis isi buku merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas
Islam Indonesia pada tahun 2010 yang mengambil kelas perkuliahan “Komunikasi Politik Kelas A”, yang
kemudian dijadikan dengan nama Playgroup.com. Sesuai dengan mata kuliah yang
penulis ambil, yaitu Komunikasi Politik, maka besar kemungkinan itulah alasan
buku tersebut diterbitkan dengan judul “Media dan Komunikasi Politik di
Indonesia”.
Didalam
buku yang ditulis oleh beberapa pengarang (Playgroup.com) tersebut juga
terdapat beberapa bagian pembantu atau pihak lain dalam penerbitannya, yaitu
terdapat kepala editor, desain sampul, dan tata letak buku. Antara lain :
Editor :
Fajar Junaedi
Desain Sampul :
Herpri Yanto (Radar Jogja)
Tata Letak :
Bintang Putra Hidayat
Buku karangan Playgroup diterbitkan
pertama kali tahun 2010 atas kerjasama dengan penerbit yaitu Lingkar Media
Yogyakarta. Dan sebagai hak cipta oleh Program Studi Ilmu Komunikasi
Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.
·
Pembahasan
Resensi
Pada umunya buku tersebut merupakan
beberapa tulisan seseorang yang kemudian digabung menjadi sebuah buku dengan
tema yang sama, yaitu media dan komunikasi politik. Didalam isi buku terdapat
banyak fokus bahasan mengenai media dan politik, serta terdapat 6 (enam) bagian
topik pembahasan, yaitu:
-
Bagian Pertama : Media dan Komunikasi Politik
-
Bagian kedua : Kampanye dan Komunikasi Politik
di Indonesia
-
Bagian Ketiga : Iklan Politik dalam Komunikasi
Politik
-
Bagian Keempat : Citra dalam Komunikasi Politik
-
Bagian Kelima : Internet, Media Baru, dan Facebook dalam
Komunikasi Politik
-
Bagian Keenam : Komunikasi Politik Kelompok Penekan
dan Selebriti
Dimana
setiap bagian mempunyai beberapa nama pengarang yang berbeda-beda. Selain itu
jika dibanding dengan buku-buku lain (sejenis), buku ini termasuk buku yang
bagus dan lengkap. Yaitu mempunyai pokok bahasan yang sangat lengkap kaitannya
dengan media dan dunia politik di Indonesia. Namun bedanya jika buku lain yang
sejenis dicetak atau direvisi beberapa tahun sekali, namun tidak demikian
dengan buku ini. Mungkin salah satunya karena faktor banyaknya penulis, dan banyak
dari penulis yang sudah mempunyai fokus pada bidang lain. Penulisan kalimat
atau kata yang digunakan didalamnya juga tergolong rapi, hal itu terjadi karena
jumlah penulis yang banyak dan fokus pada tema bahasan masing-masing. Hal
tersebut tentunya tidak terlihat pada buku-buku lain.
-
Ciri khas buku
Terdapat
banyak ciri khas yang dimiliki buku tersebut. Ciri khas dari buku yang ditulis
oleh Playgroup.com ini yaitu mempunyai cover depan dan belakang yang unik,
serta isi buku yang menarik. Cover buku dapat dikatakan menarik karena walaupun
pembahasannya tentang media dan komunikasi politik namun sampul yang terdapat
diluar yaitu gambar karikatur yang tergolong lucu dan menghibur. Selain itu isi
didalamnya juga sangat lengkap, dimana setiap media itu dikaitkan dengan bidang
politik, mulai dari televisi sampai media sosial. Selain itu yang menjadi buku
tersebut sangat unik yaitu ditulis atau dikarang oleh banyak orang (pengarang)
asli. Mungkin ada beberapa buku juga yang isinya ditulis oleh banyak orang,
namun kemungkinan besar hanya beberapa saja. Tidak sebanyak penulis dalam buku
“Media dan Komunikasi Politik di Indonesia” ini yang berjumlah 48, yang semuanya
adalah mahasiswa satu kelas pada mata kuliah yang sama.
-
Keunikan buku
Buku
tersebut diterbitkan dengan mencantumkan beberapa sponsor dibagian cover depan
dan cover belakangnya. Selain mencantumkan nama penerbitnya (Lingkar Media),
buku tersebut juga menggunakan relasi atau hubungan kerjasama dengan organisasi
lain, dan kemudian di cantumkan pada cover. Organisasi yang dicantumkan didalam
cover tersebut yaitu Unisi radio UII, Radar Jogja, Kedai Nusantara, AFR,
Panembahan Tur, Kopma UII, Sparkling. Pencantuman yang diletakan pada bagian
cover depan dan belakang tentu menjadi keunikasi tersendiri bagi buku tersebut.
-
Keunggulan dan Kelemahan
Buku
Setiap
buku yang terbit dan sampai pada penghilatan pembaca tentu mempunyai keunggulan
dan kelemahan tersendiri. Begitupun dengan buku ini. Buku media dan komunikasi
politik ini mempunyai bebera kenggulan, yaitu:
1. Penggunaan
kertas yang tebal dan berkualitas. Penggunaan bahan atau kertas yang ada dalam
sebuah maka akan sangat menentukan daya tarik pembaca. Penggunaan bahan baik
sampul dan bagian dalam yang digunakan dalam buku tersebut tergolong bagus.
Karena walaupun terbitan tahun 2010 namun masih terlihat seperti baru.
2. Isi
pembahasan yang beraneka ragam. Dengan memuat tema bahasan yang banyak maka
akan membuat pembaca tidak bosan dalam membaca, serta akan mempunyai wawasan
yang lebih luas.
3. Dilengkapi dengan gambar/karikatur yang
menarik menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca.
Kemudian
terdapat juga kelemahan yang dimiliki, yaitu :
1. Terlalu
banyak penulis, sehingga membuat pembaca bingung dalam menggunakan buku
tersebut sebagai sumber materi atau bahan rujukan, seperti pada penulisan
daftar pustaka.
2. Terbatas,
karena buku tersebut merupakan hasil karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UII maka
jumlah yang ada menajadi terbatas.
3. Profil
Penulis Buku tidak lengkap
-
Tinjauan Bahasa
Bahasa
yang digunakan dalam buku tersebut sangat mudah dipahami, jelas, dan tidak
berbelit-belit. Jika ada bahasa yang terlalu sulit untuk dimengerti itu adalah
bersumber dari sebuah kutipan seseorang. Pada dasarnya penggunaan bahasa
didalam buku tidak ada yang salah, karena memang pada dasarnya buku tersebut
dibuat oleh mahasiswa Universitas Islam Indonesia dengan bahasa baku yaitu
bahasa Indonesia.
·
Isi
Buku
Media
dalam komunikasi politik akan sangat memainkan peran besar dalam mengawasi kegiatan
politik. Melalui pemberitaan berbagai media, masyarakat dapat menilai bagaimana
kualitas para petinggi politik di Indonesia. Bisa dibayangkan jika tidak ada
media massa, maka tidak ada pula komunikasi politik. Media, tentu saja telah
menjadi elemen penting dalam proses komunikasi politik. Inilah yang membuat
buku yang ditulis dengan semangat kreativitas dalam bingkai atmosfer akademik,
sehingga layak untuk dibaca oleh para pembaca.
Perkembangan
komunikasi politik di Indonesian adalah fenomena yang menarik untuk dikaji dan
diamati secara akademis. Kejatuhan orde baru yang kemudian berimplikasi pada
dibukanya kran demokrasi telah meyebabkan aktivitas komunikasi politik di
Indonesia bergeliat. Komunikasi politik di Indonesia tidak lagi berupa
arak-arakan kampanye atau orasi dilapangan oleh para juru kampanye, namun juga
telah mengadopsi teori komunikasi politik modern, yang sebelumnya telah
diaplikasikan oleh negara-negara maju, seperti menggunakan kegiatan periklanan
dan kehumasan dalam komunkasi politik.
Iklan-iklan
politik membanjiri berbagai media massa, disekitar pemilu, pilpres, maupun
pilkada, media sosial internet, seperti facebook, juga digunakan sebagai media
dalam membangun komuniaksi politik untuk memperoleh dukungan dari masyarakat.
Konsultan Komunikasi politik laris manis dipinang oleh para aktor politik untuk
mengemas citra para kandidat yang bertarung. Media dalam komunikasi politik
juga memainkan peran besar dalam mengawasi kegiatan politik para aktor politik.
Melalui pemberitaan berbagai media, masyarakat dapat menilai bagiamana kualitas
para aktor politik. Bisa dibayangkan jika tidak ada media massa, pasti tidak
komunikasi politik yang lancar.
Buku yang dibuat oleh mahasiswa
penyuka mata kuliah Komunkasi Politik (Kompol) dilingkungan Program Studi Ilmu
Komunikasi FPSB Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan sebuah terobosan.
Sebagai terobosan, maka mereka masih ‘terabas terobos’. Bukan mutu isi
tulisannya yang penting, tetapi keberanian yang terwujud dalam sebuah buku
sebagai ‘monumen’. Media dan Komunikasi adalah ilmu lintas perspektif, lintas
kajian dan mitra kreatif. Komunikasi politik adalah ranah paling ‘seksi’ untuk
Indonesia yang sedang melepaskan diri dari jerat politik tradisional.
Komunikasi politik yang sehat adalah tujuan memecah kebuntuan partisipasi
politik yang berbasiskan kesadaran obyektif. Sekecil apapun kajian komunikasi
politik dalam buku ini, ia akan berkontribusi kepada tujuan itu. Tentu saja
setiap formula komunikasi berbeda kekuatan dan kelemahannya. Dan buku ini
adalah media yang tergolong ‘tua’ tetapi tetap disuka.
·
Penutup
Resensi Buku
Buku dengan judul “Media dan
Komunikasi Politik di Indonesia” ini sangat penting bagi kalangan mahasiswa
ilmu komunikasi atau ilmu sosial lain (Fisipol), serta penting untuk para
publik figur politik di Indonesia mengenai penggunaan media untuk kampanye, dll.
Buku tersebut juga dapat dijadikan sebagai beberapa referensi mata kuliah
dibeberapa mata kuliah, seperti salah satunya adalah Komunikasi Politik, atau
mata kuliah lain yang berkaitan dengan ilmu sosial dn politik. Diharapkan
dengan adanya resensi buku Media dan Komunikasi Politik di Indonesia ini akan
menjadikan beberapa pihak membaca kembali buku karangan mahasiswa
(laygroup.com) ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar