Jumat, 01 April 2016

Tugas Resensi Buku "Jurnal Komunikasi"

Nama : Fahmi Husaini Sanum
Nim    : 14321113 
Judul : Jurnal Komunikasi Volume 9
Terbit : Oktober 2014
Oleh : Noval Sufriyanto Talani
Dicetak Oleh : Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia.
Sub Judul : Esensi Interaksi Visual dalam Dunia Facebook yang Virtual
Latar Belakang : Sebagai dunia virtual atau juga disebut cyberspace, Internet menjadi kehidupan kedua bagi masyarakat kontemporer (Zhapiris dan Ang, 2010:205; Mitra, 2010: 48). Yang dimaksud kehidupan kedua, karena melalui rekayasa teknologi digital, subtitusi ruang ruang sosial di dunia nyata diwujudkan dalam bentuk artifisial. Sehingga wujud wujud artifisial dari ruang ruang sosial menjadi semacam simulasi sosial, dimana berbagai simulasi itu menemukan tempat hidupnya diruang yang disebut cyberspace. sebagai makhluk sosial, manusia butuh interaksi dengan orang lain. melalui interaksi manusia dapat berhubungan dan berkolaborasi dengan menunjukan eksistensi dirinya dalam ruang sosialyang melingkupinya.  sosial media mampu memenuhi kebutuhan itu, dimana seseorang dapat berinteraksi dengan orang lain tanpa dibatasi ruang dan waktu. 
Metode: Peneliti menggunakan metode kualitatif sehingga  akan menghasilkan data deskriptif. 
Kerangka Teori : Pendekatan menekanan pada pengamatan dahulu dan wawancara mendalam terhadap sepuluh orang pengguna facebook, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. seluruh aktivitasnya difacebook termasuk interaksi para pengunanya dilakukan secara simbolik. berbagai simbol simbol yang digunakan dalam interaksi berfungsi sebagai representasi suatu tindakan. secara khusus simbol ekspresi banyak digunakan para facebookers secara bebas untuk menunjukan respon ( perasaan dan ekspresi). setiap informan memiliki simbol khusus yang sering ia gunakan untuk mengungkapkan ekspresinya. 
Kesimpulan : Sosial media sebagai media interaksi masyarakat masa kini telah menghilangkan kendala ruang dan waktu berinteraksi. dimana setiap orag dapat berinteraksi dengan siapapun, kapanpun dan dimana saja sepanjang ia terkoneksi kedalam jaringan internet atau kehidupan keduanya terus berlangsung. dengan dukungan GUI, daya tarik sosial media semakin memikat. fitur fitur yang berbasis GUI telah memudahkan pengguna memahami perintah di sosial media sekaligus mengatur bagaimana mereka bekomunikasi melalui fitur fitur itu. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar