Kamis, 31 Maret 2016

Resensi Buku "Pemetaan Pembuat Film Yogyakarta 2015"

Nama: Risky Wahyudi
NIM: 13321092



Judul: Pemetaan Pembuat Film Yogyakarta 2015

Penulis: Tim Swakelola Pemetaan Pembuat Film Yogyakarta (Dyna Herlina Suwarto, Firly Annisa, Kurniawan A Saputro, dan Zaki Habibi)

Tahun Terbit: 2015

Penerbit: Dinas Kebudayaan Yogyakarta

Tebal: 102 halaman




Terbitnya buku ini merupakan bentuk komitmen dari pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) dalam mendukung perkembangan industri perfilman di Yogyakarta. Dunia perfilman telah dikembangkan oleh Pemda DIY dari tahun 2009. Telah terdapat sebuah aturan  atau kebijakan yang sekiranya  mampu mengembangkan sekaligus menfasilitasi filmmaker yang ada di DIY.
Tim Swakelola Pemetaan Pembuat Film Yogyakarta 2015 (Dyna Herlina Suwarto, Firly Annisa, Kurniawan A Saputro, dan Zaki Habibi) selaku penulis dalam  buku ini tentunya telah melakukan suatu penelitian yang kevaliditan datanya sudah sangat teruji. Selain itu pula, mereka juga memiliki background akademis yang luar biasa sehingga tentunya sangat mampu menjadikan buku ini sebagai sebuah buku yang punya kharisma tersendiri.  Perlu diketahui bahwa perfilman di Yogyakarta pastinya tidak akan lepas dari identifikasi pelakunya. Sehingga tim sepakat untuk mensukseskan projek ini demi perkembangan dunia perfilman di daerah Yogyakarta.
Berisikan data-data pengelompokkan filmaker dengan menggunakan teknik sampling. menganalisa dari berbagai sudut pandang. Merupakan buku yang bagus tentunya untuk dijadikan resensi terkait penelitian tentang Filmmaker di DIY. Pemetaan berdasarkan kategori yang jelas sehingga menjadikan pembaca bisa dengan mudah memahami objek yang diteliti. Selain itu juga membuka peluang bagi para peneliti selanjutnya untuk mengembangkan pengetahuan yang terdapat dalam buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar